Perilaku Web OLX.com dengan Pengguna

Standard

Pada postingan kali ini saya akan membahas perilaku navigasi , perilaku pencarian , dampak perilaku sosial dan dampak perilaku ekonomi yang berkaitan dengan web jual beli Tokobagus.com atau yang kini berganti nama menjadi Olx.com untuk memenuhi tugas matakulaih pengantar web science

A. Perilaku Navigasi

Perilaku navigasi sendiri terbagi menjadi dua tipe navigasi  Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Dalam web Olx.com sendiri bisa ditemukan di bagian atas. Yang kedua adalah navigasi versi advance, Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Dalam web ini didefinisikan lewat kategori dan lokasi. Navigasi lokasi ini merupakan cara untuk mempermudah pembeli dan penjual bertemu jika sudah sepakat untuk melakukan transaksi. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Dalam web ini juga terdapat option untuk login atau mendaftar dan pasang iklan gratis hal ini dapat dilakukan dengan perantara facebook. pada suatu situs penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya dan memudahkan user untuk menggunakkannya.

Gambar

 

B. Perilaku Pencarian

Perilaku pencarian adalah fitur yang di desain sedemikian rupa untuk digunakan oleh user dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs. Pada olx.com sendiri dapat  dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua provinsi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua kategori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya). Pada bagiaan footer dalam web ini terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang.

C. Dampak Perilaku Sosial

Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang. Terdapat dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.

Dampak Postifnya :

  1. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
  2. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
  3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

 

Dampak Negatif :

  1. membuat gaya hidup menjadi berlebihan atau boros
  2. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
  3. adanya plagiatisme
  4. munculnya pencurian/hack
  5. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
  6. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri

 

 D. Dampak Perilaku Ekonomi

Saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terjadi sangat pesat di seluruh belahan dunia tak terkecuali  di Indonesia. Pada saat ini perkembangan internet tidak hanya terbatas di wilayah perkotaan. Banyak dampak yang ditimbulkan akibat meningkatnya teknologi ini baik dampak tersebut positif maupun dampak negatif. Salah satunya aspek yang terkena dampak teknologi ini adalah dampak terhadap ekonomi. Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet juga  membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian yang terjadi di web olx.com tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun.

Dampak Positif :

  1. Membuka lapangan kerja bagi siapa saja
  2. Bisnis e-ommerce dapat mempermudah transaksi bisnis perusahaan/perorangan
  3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu ,mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk

Dampak Negatif :

  1. Akan menyebabkan kemudahan transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau narkoba
  2. Hal yang sering terjadi yaitu pembobolan rekening suatu lembaga /perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

 

Referensi : http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html

http://muhammadyusuf-gunadarma.blogspot.com/2013/06/dampak-ekonomi-dari-pengaruh-web.html

 

Leave a comment